Barang siapa yang Berbalik ke Belakang

’ Yang lain berkata, ‘Nampaknya orang ini menyebarkan berita tentang dewa-dewa orang bangsa asing.’ Demikianlah kata mereka kerana Paulus menyebarkan berita baik tentang Isa dan kebangkitan daripada kematian. 3) Pada berita acara penyerahan sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dilampirkan daftar pertelaan dokumen yang akan diserahkan. Hal itu terdjadi pada waktu mereka tidak mengadjar orang lain untuk berpikir, melainkan mereka memaksa orang untuk pertjaja. Sekarang. apakah karena itu saja akan pertjaja bahwa saja adalah jang paling pandai dan paling tjerdas dari seribu orang itu ? Dan apakah perentjanaan sehatjam itu akan merupakan satu pembatasan jang dipaksakan terhadap semangat mentjipta oleh kami, kaum revolusioner? Kami bertanja kepada diri sendiri akan serupa apakah djadinja nanti apabila orang-orang dari Pemerintah tidak perlu kami dan para seniman dan para sastrawan bertemu lagi, sebagaimana sudah seharusnja, dimasa depan, dalam djangka waktu lima atau sepuluh tahun, manakala kebudajaan telah mentjapai perkembangan luarbiasa sesuai dengan rentjana kami untuk hal itu, manakala buah-buah pertama dari program pendidikan sekarang mulai bergantungan. Contohnya adalah mengalirkan lagu bertempo lebih cepat saat pengguna perlu bekerja lebih keras, atau secara otomatis memainkan lagu bertempo lambat selama pendinginan. Akan tetapi mereka tidak menghormati hak saja atas kemerdekaan ini, Saja tidak punja kemerdekaan untuk menganut kepertjajaan ataupun agama; mereka telah memaksakan suatu agama kepada saja dan mendjadikan saja ternak selama duabelas tahun.

Semua negara setara. Yang besar, yang berkuasa dan yang kaya tidak boleh menindas yang kecil, yang lemah dan yang miskin. Psikologi Gestalt berpendapat bahwa “keseluruhan itu lebih dari (atau berbeda dari) penjumlahan bagian-bagiannya.” Sebagai contoh, jika seseorang menonton film di bioskop sebelum teknologi pemutaran softcopy film ditemukan, maka orang tersebut akan menyaksikan suatu gambar yang bergerak secara sinambung daripada bingkai-bingkai film yang individual dan terpisah-pisah. Sisi-sisi patahan bergerak melewati satu sama lain dengan mulus dan secara aseismik hanya jika tidak terdapat ketidakteraturan atau ketimpangan di sepanjang permukaan patahan yang meningkatkan tahanan gesek. 170 mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikan-Nya kepada mereka, dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal di belakang yang belum menyusul mereka, bahwa tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Tentu saja hal itu ada ekornya, kalau tidak takkan mungkin demikian benar kegusaran hati Kacak kepada Midun. Rentjana itu belum terwudjud, akan tetapi bisa dihidupkan kembali dan untuk itu bisa dipilih satu tempat disebuah pelabuhan jang damai, jang akan bisa menggugah seseorang untuk beristirahat, untuk menulis.

Akan tetapi pembangunan satu tempat istirahat bagi para sastrawan dan seniman tjotjok dengan rentjana itu. Siapakah jang akan membantah kenjataan bahwa kita perlu membuat rentjana ekonomi? Membentuk tuntutan politik dan ekonomi yang nyata dan dirasa oleh Rakyat umumnya dan klas proletariat khususnya, adalah satu perbuatan yang amat sulit. Semuanya akan lebih nyata, kalau diplomasi ulung, yang berdasarkan “perhitungan” itu tidak dijalankan, yakni menghentikan perang kalau Inggris-Gurka-Nica terkepung, dan pasti menemui ajalnya kalau diteruskan. Patah tumbuh, bilang berganti,’ katanya, ‘jika tidak diganti malu kepada orang sekampung.’ Permintaan itu saya terima, karena penghidupan saya telah mencukupi. Ada banyak hal di sana yang ingin saya diskusikan dengan seseorang yang memiliki pengalaman dan pengalaman hebat. Saja tidak akan mengutuk siapapun, sekalipun saja ingin berkata bahwa saja punja hak jang sama seperti orang lainnja disini untuk mengatakan apa jang saja kehendaki, jakni untuk mengeluh. Tentu sadja saja terpaksa bitjara dengan nada mengadu tentang tahun-tahun itu, tahun-tahun dimana anak-anak muda mempunjai perhatian dan rasa ingin tahu jang paling besar terhadap sesuatu, tahun-tahun dimana saja dapat beladjar dengan teratur sehingga akan memungkinkan saja mendapat kebudajaan jang oleh anak-anak Kuba sekarang akan dimiliki segala kesempatan untuk mendapatkannja. Saja pertjaja bahwa kita adalah hasil dari penjaringan, tetapi bukan penjaringan setjara wadjar, melainkan lebih banjak penjaringan setjara sosial, Saja terpilih untuk beladjar diuniversitas setjara sosial, melalui proses penjaringan sosial, bukan penjaringan setjara wadjar, Siapa tahu berapa puluh ribu sudah anak-anak muda.

Waktu petjahnja perang Pasifik, ia tetap mendjalankan perusahaannnja, disamping hasil2 hutan, pun menjelenggarakan usahanja dalam lapangan hasil bumi. Semuanja ini menimbulkan kesukaran-kesukaran, akan tetapi saja jakin bahwa kawan sependapat bahwa apabila ini tertjapai, ini akan merupakan satu hasil jang positip, teristimewa dalam hal penemuan bakat bakat dikalangan rakjat dan dalam membentuk rakjat dari penonton-penonton mendjadi pentjipta-pentjipta, karena pada achirja, rakjatlah pentjipta-pentjipta yang paling besar, Kita tidak boleh melupakan hal ini, dan djuga tidak boleh melupakan beribu-ribu keperdesaan jang hilang didaerah pedalaman dan kota-kota kita karena tiadanja kesempatan untuk berkembang. Chairul mengunjungi kampung-kampung yang ada di perdalaman Sumatra Barat hanya untuk mrnikmati randai, kendang saluang, dan rabab sehingga ia mengenal dengan baik peta kesenian yradisional Minangkabau yang ada di lapangan. Revolusi mempunjai tingkatan-tingkatannja. Ada satu tingkatan dimana bermatjam-matjam badan mengambil inisiatip dalam lapangan kebudajaan. Sementara itu ada pula buah pikiran untuk membangun satu tempat dimana para seniman dan sastrawan dapat istirahat dan bekerdja. Membangun klik atas nama multilateralisme tidak lain hanyalah politik blok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *