Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2024

Pelancarkan Akhbar Digital Utusan.. 2) Informasi dianggap bersifat rahasia apabila informasi tersebut hanya diketahui oleh pihak tertentu atau tidak diketahui secara umum oleh masyarakat. Informasi bisa salah, hoaks. Ia memilih tetap tinggal bersama dua kerabat terdekatnya, yakni adik perempuan dan kemenakannya yang sudah terganggu ingatan mereka akibat penyakit kulit yang tidak tersembuhkan. Tidak sedikit orang yang telah menjadi korban penyakit itu. Sungguhpun anak muda, tetapi lada padi, cabe rawit, kata orang Betawi.” Midun maklum, bahwa ia diadu orang. Nyata kepadanya si Ganjil itu disuruh sipir. Ia ragu-ragu, karena terpikir olehnya orang itu sudah agak tua, dan karena tersuruh oleh kepala penjara. Tetapi melihat si Ganjil itu sungguh-sungguh hendak membinasakan dia, terpaksa ia mesti melawan untuk memelihara akan diri. Timbul pula pikiran Midun, bahwa ia sama-sama orang hukuman, dan perlu pula memperlihatkan lelaki-lakiannya sedikit. Sebab itu Midun bersiap menanti serangan, seraya berkata, “Rupanya kita diadu sebagai ayam, apa boleh buat, datangilah! Jika telah tumbuh baru kita siangi, sebab itu tidak ada gunanya hal itu kita pikirkan sekarang.” Baru habis Midun berkata, kedengaran condecteur berseru, “Padang; karcis!

Best Friends Lagi pula ia amat heran, sebab seorang Arab seberani itu menipu orang. Seorang anak muda sesudah disiksa, disuruh perkelahikan pula oleh tiga orang.” Dengan tidak berkata sepatah kata jua, Turigi melompat ke tengah perkelahian itu. Ia berkata dengan geram, “Berhenti berkelahi! Hai, anak kecil, berani engkau berkata begitu kepadaku? Tunggu sampai besok, boleh ia rasai.” Ganjil dipapah orang ke kamarnya, dan Midun disuruh masuk ke dalam sebuah kamar lain, tetapi tidak kamar yang mula-mula tadi. Kamar itu agak lapang, di dalamnya ada sebuah pangkin, yang luas dengan tikar. Sampai di kamar itu, Midun menarik napas lalu berkata sendirinya, “Ya Allah, peliharakan apalah kiranya hambaMu ini. Yang dimaksud dengan dokumen lain dalam huruf ini, antara lain, adalah dokumen pembanding, hasil penelusuran, hasil pemeriksaan awal dan korespondensi hasil pemeriksaan di luar negeri. Menteri Dalam Negeri telah memberikan dukungan melalui Surat Edaran Departemen Dalam Negeri No. Sungguh bukan suatu kemewahan yang tak berguna bahwa sebentar-sebentar ada seorang orang, tentu saja tak banyak jumlahnya, yang menunjukan kepada kita bagaimana kita ini menjadi sebagaimana adanya sekarang, yang mengingatkan bahwa kita ini bukan satu-satunya yang bermimpikan perbuatan-perbuatan hebat dan keindahan, yang jatuh dan berusaha bangun kembali, tetapi bahwa di negeri sendiri maupun di luar sudah adalah orang-orang lain yang mengalami semuanya itu dan memecahkannya dengan caranya sendiri-sendiri serta berhasil pula.

Apalagi Midun saya lihat seorang anak muda yang tangkas, takkan mudah diperbuat orang semau-maunya saja. Ha, ha, anak ini yang mengalahkan Ganjil kemarin, Engku? Musuhku sudah bertambah seorang lagi; ” pikir Midun. “Tak dapat tiada, Ganjil dendam kepadaku. Sedih hatiku melihat si Ganjil saya kenai, tetapi apa boleh buat karena terpaksa. Tentu saja saya dipandang sipir lalai, atau mengabaikan pekerjaan.” “Baik, Mamak,” ujar Midun, “karena saya, jangan hendaknya terbawa-bawa Mamak pula.” Midun dibelenggu oleh Gempa Alam. Ketika rumah penjara itu kelihatan oleh Gempa Alam, darahnya berdebar. Midun tersirap pula darahnya melihat rumah itu, tetapi lekas ia meng- hibur hati, sambil berkata, “Inikah penjara itu Mamak? Tetapi dari stasiun Pulau Air hanya kira-kira 10 menit perjalanan.” Setelah sampai di stasiun Pulau Air, mereka keduapun turunlah. Sebelum pergi ke penjara, Gempa Alam mengajak Midun pergi makan ke lepau nasi. Sudah makan, Gempa Alam berkata, “Sekarang engkau terpaksa dibelenggu. Ini juga koreksi atas kebijakan tahun 1998. Di waktu itu dana penanganan krisis perbankan sebesar Rp 656 triliun nyata-nyata berasal dari keuangan negara dan yang berhasil kembali hanya sebesar 27%. Dengan angka yang saya sebutkan tadi, dapat dilihat bahwa biaya krisis 1998 membebani Anggaran Negara hingga Rp 656 triliun, sebuah angka raksasa jika dibandingkan dengan penyertaan modal sementara Lembaga Penjamin Simpanan pada Bank Century yang senilai Rp 6,7 triliun.

Negara-negara perlu menerapkan kebijakan keterbukaan dan secara eksplisit menentang proteksionisme, pendirian pagar dan penghalang, sanksi sepihak, dan taktik tekanan maksimum, sehingga dapat menghubungkan perekonomian dan bersama-sama membangun perekonomian dunia yang terbuka. Agar pers berfungsi secara maksimal sebagaimana diamanatkan Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945 maka perlu dibentuk Undang-undang tentang Pers. Akan dipengapakannyakah saya, maka disuruhnya hati- hati? Kasihan, biarlah besok atau lusa tentu saya ketahui juga kesalahan orang muda itu maka dihukum. Tuhan ada bersama kita, tentu saja ia akan melindungi yang tidak bersalah. Jika saya lengah, tentu binasa. Buat memendekan uraian ini putusan itu saya namai saja Putusan Prambanan. Jika tidak, biar siapa saja saya patahkan batang lehernya. Jika tidak, boleh jadi saya celaka. Tidak,” jawab Gempa Alam, “kita turun di Pulau Air. Di sini kita turun, Mamak? Kalau di sini kita turun, jauh lagi ke penjara. Sekali lagi saya katakan, beranikan hatimu, jangan takut menentang bahaya apa pun jua. Pemodelan spasial terhadap bahaya cuaca ekstrem dengan menvisualisasikan dalam bentuk peta digital tingkatan kawasan rawan bahaya yang diakibatkan cuaca ekstrem di Indonesia dapat memanfaatkan teknologi SIG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *