Berita Gunung Merapi Hari ini 17 Maret 2024: 26 Kali Gempa

2001 Bila tertanggung dalam polis membuat keterangan tentang ketidaktahuannya seperti yang ditentukan dalam pasal yang lalu, dan kemudian ternyata, bahwa pertanggungannya telah diadakan setelah kapal-kapalnya berangkat dari tempat bahayanya seharusnya mulai terjadi atas beban penanggung, maka dalam hal ada kerugian, atas tuntutan penanggung, tertanggung harus menguatkan keterangannya tentang ketidaktahuannya dengan sumpah. Siapakah jang akan membantah kenjataan bahwa kita perlu membuat rentjana ekonomi? Karena, dalam satu pengertian tertentu, djanganlah dilupakan bahwa kami, orang-orang revolusioner jang pernah bekerdja sendirian, kini dihadapkan kepada kenjataan perentjanaan, dan itu djuga menimbulkan satu persoalan kepada kami, sebab, sampai sekarang ini kami mempunjai semangat kreatip terhadap. Karena sebagaimana kawan-kawan ketahui, Negara mempunjai bermatjam-matjam departemen dan bermatjam-matjam lembaga dan, didalam lingkungan Negara, setiap departemen dan lembaga itu ingin sekali mempunjai bahan-bahan diperlukan agar supaja masing-masing bisa melakukan pekerdjaannja dengan baik. Inilah langkah-langkah jang sudah diambil oleh Revolusi, akan tetapi semuanja ini hanjalah langkah-langkah permulaan, langkah-langkah ini akan disusul oleh langkah-langkah lainnja jang akan mentjiptakan keadaan jang lebih baik lagi. Orkes Simponi ini bukan sadja telah mentjapai taraf tinggi dalam arti seni, akan tetapi djuga dalam arti revolusioner, sebab sekarang ada 50 orang dari anggota-anggota Orkes Simponi itu jang mendjadi pradjurit-pradjurit milisia.

Apa saja yang perlu dilakukan dalam usaha menemani teman muda ini berliterasi? Beberapa teman di Banten yang sudah kembali dari Digul dengan panjang lebar sekarang bisa menceritakan aksi yang memberi akibat sedih semacam itu. Kami ingin memberi keterangan kepada mereka jang merasa berkepentingan dengan Badan Penerbitan Nasional bahwa sebuah undang-undang sedang ada dalam pertimbangan, jaitu undang-undang untuk mengatur tjara bekerdjanja, untuk menjusun pembagian redaksi, untuk memperhatikan perbedaan-perbedaan jang diperlukan. Kami bertanja kepada diri sendiri akan serupa apakah djadinja nanti apabila orang-orang dari Pemerintah tidak perlu kami dan para seniman dan para sastrawan bertemu lagi, sebagaimana sudah seharusnja, dimasa depan, dalam djangka waktu lima atau sepuluh tahun, manakala kebudajaan telah mentjapai perkembangan luarbiasa sesuai dengan rentjana kami untuk hal itu, manakala buah-buah pertama dari program pendidikan sekarang mulai bergantungan. Indonesia yang saat krisis tidak memberlakukan penjaminan dana nasabah secara menyeluruh, menderita capital outflow lebih parah dibanding negara-negara tetangga yang menerapkan penjaminan dana nasabah secara penuh (blankeet guarantee). Tuhan seluruh masyarakat di Eropa, Afrika, Amerika, dan negara-negara kepulauan, seluruh dunia hanya satu dan Ia adalah Tuhan menginginkan kemuliaan bagi semua hamba-Nya dan memberikan kehormatan kepada umat manusia. Tidak ada alasan untuk keluhan keluhan seperti jang kami dengar disini tadi, dalam pertemuan ini, mengena; Badan Penerbitan Nasional itu, Djuga sedang dilakukan usaha-usaha untuk mendapatkan bahan-bahan jang diperlukan untuk bekerdja, artinja sekarang sedang dilakukan usaha-usaha untuk memetjahkan semua persoalan jang melibat para sastrawan dan seniman dan jang djuga mendjadi perhatian Dewan Kebudajaan Nasional.

BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kalau kita sekarang tidak memperoleh lebih banjak fasilitas dalam bidang industri film ini tidaklah disebabkan oleh politik Pemerintah jang sempit, tetapi semata-mata karena sekarang kita kekurangan sumber-sumber ekonomis untuk membentuk gerakan-gerakan amatir jang akan memungkinkan pengembangan semua bakat-bakat dalam bidang film. Dan kami, jang tidak punja alasan untuk menggerutu mengenai kawan-kawan, djuga telah menjerahkan sebagian dari waktu kami untuk memikirkan seniman-seniman dan sastrawan-sastrawan dimasa jang akan datang. Selama perayaan ini, umat Muslim akan berkumpul di masjid dan mushola untuk melaksanakan shalat Idul Adha. 1) Pemerintah melaksanakan pembinaan manajemen pegawai negeri sipil daerah dalam satu kesatuan penyelenggaraan manajemen pegawai negeri sipil secara nasional. Dalam satu pengertian tertentu, sekarang, setelah dilakukannja reorganisasi terhadap Lembaga Hak Tjipta, sjarat-sjarat hidup dari sedjumlah besar para sastrawan dan komponis, jang pernah dihisap dengan tjara menjedihkan sekali dan jang hak-haknja pernah disia-siakan, sudah banjak diperbaiki, Sekarang, para sastrawan jang biasa hidup dalam kemiskinan jang sangat mempunjai penghasilan jang memungkinkan mereka untuk hidup setjara lajak. Dan itu merupakan hak dari Pemerintah Revolusioner. Di atas tadi sudah dikemukakan, bahwa Dutch Indies itu dalam arti ekonomi ialah Anglo-Dutch-Indies. Tetapi sebab toko buku yang terbesar di Asia Timur dan toko-toko buku nyamuk di Jakarta tak punya satupun buku perkara itu saya sama sekali disesakkan kepada “Jembatan keledai’’ yang tersimpan dalam otak saya. Sekali lagi maaf ! Tetapi perlu pula dicatat disini dalam bibliotheek Bataviase Genootshap, sesudah hampir habis “Madilog’’ ditulis berjumpa juga dengan beberapa buku tentang logika dalam bahasa Belanda, Inggris, Jerman dan Perancis.

Djadi djanganlah menjangka bahwa kami tidak turut terlibat dalam persoalan tersebut, sebab dilihat dari sudut pandangan kami, kamipun bisa mengadjukan protes. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama bisa diselesaikan. 3) Dalam KTP sebagaimana dimaksud pada ayat (1) disediakan ruang untuk memuat kode keamanan dan rekaman elektronik pencatatan Peristiwa Penting. Untuk mewujudkan tujuan ini, pemikiran yang luas dan visi global sangatlah penting karena kita hidup di masa-masa sulit. Badan Penerbitan Nasional adalah suatu organisasi jang baru didirikan jang kehadirannja dirong-rong oleh kesukaran, karena badan tersebut harus memulai kerdjanja pada suatu pertjetakan suratkabar jang ditutup dengan tiba-tiba (kami hadir ketika perusahaan suratkabar itu diubah mendjadi pertjetakan jang paling penting dinegeri kita. Karena kesukaran-kesukaran jang harus diatasi oleh suatu Revolusi sangat berat, dan karenanja orang harus mendjadi seorang optimis. Saja jakin bahwa tidaklah mungkin mendjadi seorang revolusioner tanpa mendjadi seorang optimis. Hanja orang-orang optimis akan mengusulkan hal-hal seperti ini. Tingkatan pertama dalam bidang ini terutama terdiri dari usaha menjediakan alat-alat serta bahan-bahan jang diperlukannja. Politik Lembaga Film dan tjara kerdja baru jang didasarkan pada persaingan diantara kelompok-kelompok crew dalam Lembaga itu djuga akan dibitjarakan. Lembaga itu masih kekurangan waktu untuk bekerdja setjukupnja agar bisa dinilai, akan tetapi Lembaga itu sudah bekerdja dan kami tahu bahwa beberapa dari film dokumenternja telah banjak memberikan sumbangan untuk memperkenalkan Revolusi kita diluar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *